Welcome to Nanda's Blogspot!

Minggu, 03 Februari 2013

Motivasi Siswa - Naskah Pidato


Bro, baru aja gue selesai ngetik naskah pidato dari tugas bahasa Indonesia, guru pembimbing: Bu Wiwin heheeheh. Gini tulisannya...



Assalamualaikum wr.wb
Selamat pagi. Salam sejahtera bagi kita semua yang telah diberi kesehatan sampai saat ini dan bisa berkumpul dikelas kita tercinta ini. Yang terhormat Ibu Wiwin selaku guru bahasa Indenesia dan teman-teman yang saya sayangi.

Pertama-tama tujuan saya berada di hadapan teman-teman dan ibu guru adalah ingin berpidato tentang pentingnya motivasi bagi siswa.

Tentunya teman-teman sering mendengar kata motivasi entah dari orang tua, buku, maupun media sosial, bukan? Memang benar, siswa seperti kita sangat butuh motivasi. Tetapi tergantung bagaimana kita bertindak dan menanggapinya. Ada yang masa bodoh, dan berpikiran, “Hah, itu mah ga mempan buat gue”. Dan ada juga yang berpikiran, “Widih, bener tuh. Boleh dicoba nih!”.

Kita sudah kelas 9. Kelas yang penuh dengan kejaran tugas, dan ulangan, bahkan tidak jarang uldak (ulangan mendadak). Tentunya waktu santai kita berkurang. Betul tidak? Tidak sedikit siswa yang dituntut untuk mendapatkan nilai yang terbaik, jika tidak, mereka akan mendapatkan omelan, dan hukuman dari orang tua. Hal itu menyebabkan siswa sering mengeluh protes, soalnya yang terlalu sulit, lelah, banyak tugas, tidak konsen, dsb.
Setelah dituntut, seharunya mereka didukung dan diberi motivasi, agar seimbang. Kalau semua itu sudah dilakukan, namun hasilnya yang belum baik, berarti siswa tersebut yang tidak mau berubah, yaitu MALAS. Penyakit malas memang sulit dihilangkan kalau bukan dari diri sendiri untuk melawan setan malas. Ayo berubah!

Kalian punya mimpi, bukan? Wah sayang sekali kalau belum punya. Baiklah, saya yakin kalian semua punya target. Betul tidak? Terutama target nem hasil UN. Selain itu, target SMA mana yang akan dituju, perguruan tinggi mana yang akan tempuh, dan profesi apa yang akan kalian kerjakan. Bahkan, bagaimana kriteria calon pendamping hidup kalian. Itu semua wajar ditargetkan. Nah, cobalah susun semua target itu, entah dibuku, kertas atau memori kalian secara detail. Selanjutnya lakukan semua itu sesuai mimpi kalian, maka impian tersebut akan menjadi nyata. Inilah yang disebut “Metode Visualisasi”.

Sekian pidato dari saya, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa mermanfaat bagi kita semua. Kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar